Pesan Profetik Tahun 2008

“Expanding and Fruitful” Year
(Tahun BERKEMBANG dan BERHASIL)



“Lapangkanlah tempat kemahmu dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan berkembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi” (Yes. 54:2-3)

“Semoga anak-anak laki-lelaki kita seperti tanam-tanaman yang tumbuh menjadi besar, … gudang-gudang kita penuh, mengeluarkan beraneka ragam barang; semoga kambing domba kita menjadi beribu-ribu, berlaksa-laksa di padang-padang kita! Semoga lembu sapi kita sarat; semoga tidak ada kegagalan dan tidak ada keguguran, dan tidak ada jeritan di lapangan-lapangan kita! (Mzm. 144:12-14)

Saya yakin ayat-ayat di atas adalah pesan profetik tahun 2008 bagi gereja-gereja Tuhan (terutama yang terhubung dengan saya secara pribadi dan SMART Center). Saya percaya akan ada banyak mukjizat dan peristiwa supranatural yang akan dialami oleh gereja Tuhan di sepanjang tahun 2008, sekalipun para pakar dunia meramalkan berbagai kondisi yang tidak kondusif. Apa saja yang akan dialami oleh gereja Tuhan di tahun 2008 ini?

1. Tuhan akan memulihkan keadaan gereja-Nya dan membuat gereja-Nya berbuah (fruitful) dan menuai jiwa-jiwa. Perhatikan ayat-ayat ini:

“Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami” (Yes. 54:1).

“Gudang-gudang kita penuh, mengeluarkan beraneka ragam barang; kambing domba kita menjadi beribu-ribu, berlaksa-laksa di padang-padang” (Mzm. 144:13).

Gereja-Nya yang sehat, dekat dengan Dia dan menjadi satu dengan-Nya (Tuhan sebagai “suaminya” – Yes. 54:5), hidup di dalam kebenaran-Nya akan menjadi produktif dan menuai jiwa-jiwa. Mereka tidak akan mengalami kegagalan, keguguran, atau jeritan kesusahan lagi (Mzm. 144:14). Mereka juga akan mengalami permulaan baru (new beginning), suatu keadaan yang belum pernah mereka alami sebelumnya, dan akan ada harapan baru yang tidak pernah mereka harapkan sebelumnya (Yes. 54:1). Permulaan baru itu akan terjadi SEKARANG di tahun 2008 ini.

2. Tuhan akan membuat gereja berkembang (expanding) ke kanan dan ke kiri (Yes. 54:3).

Bisnis akan mulai berkembang meskipun ketidakpastian ekonomi global masih menghadang. Karier akan menanjak di tengah gejolak ekonomi domestik dan keuangan perusahaan. Pelayanan akan berkembang sekalipun mengalami tekanan dan aniaya. Gereja Tuhan akan bergerak melampaui batas-batas yang selama ini membatasi mereka. Tuhan akan mulai memampukan gereja-Nya menerobos keterbatasan mereka.
Para pemimpin gereja dan jemaat akan mulai melihat ke luar dari 4 dinding gereja yang selama ini membatasi pandangan mereka. Mereka mulai melakukan invasi atau penetrasi ke marketplace.
Untuk pertama kalinya gereja mulai melakukan ekspansi bukan hanya dalam bentuk “cabang gereja”, tetapi membawa “kehidupan Kristus” ke dalam dunia bisnis dan ekonomi, profesi dan karier, hiburan dan seni, politik dan hukum, pendidikan dan kesehatan.

3. Akan ada rasa haus dan lapar akan Tuhan dan kebenaran-Nya di dalam hati orang-orang percaya yang memang ingin mencari Dia. Mereka ini, bahkan dari bangsa-bangsa, akan berduyun-duyun mendatangi gereja di mana Tuhan hadir dan kebenaran-Nya disingkapkan. Perhatikan ayat-ayat berikut ini:

“Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua berhimpun datang kepadamu” (Yes. 49:18).

“Bangsa-bangsa (gambaran dari manusia pada umumnya) berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja (gambaran dari orang-orang di marketplace) kepada cahaya (gambaran dari kebenaran, harapan, integritas, hikmat, dan inspirasi) yang terbit bagimu” (Yes. 60:3).

Itu sebabnya, jemaat (gereja lokal) yang dibangun dengan dasar dan pola yang benar akan “bersinar terang” dari dalam hidup mereka, sehingga akan menarik perhatian banyak orang. Dengan demikian Tuhan akan mulai memisahkan orang-orang percaya yang sungguh-sungguh haus dan lapar akan Dia dan kebenaran-Nya dari mereka yang hanya mencari kepuasan, ketenaran, dan berkat bagi diri mereka sendiri.
Tuhan akan memisahkan benih ilahi dari benih lalang. Tuhan mulai memisahkan kambing dari domba. Yang jahat akan semakin jahat, dan yang berbuat benar semakin benar (Why. 22: 11). “Karena sekarang telah tiba saatnya (tahun 2008) penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi” (1 Ptr. 4:17).

4. Gereja yang membangun landasan dengan benar akan SEGERA DIKIRIMI Tuhan “para pembangun” yang akan mendukung pembangunan tubuh-Nya, sedangkan “para perusak dan perombak” akan dibuat Tuhan meninggalkan gereja tersebut.

“Orang-orang yang membangun engkau datang bersegera, tetapi orang-orang yang merombak dan merusak engkau meninggalkan engkau.…mereka semua (para pembangun itu) akan kaupakai sebagai PERHIASAN, dan mereka (para pembangun itu) akan kaulilitkan, seperti dilakukan pengantin perempuan” (Yes. 49:17-18).

Gereja lokal yang dibangun di atas dasar rasul-rasul dan nabi-nabi dengan Kristus sebagai batu penjurunya akan menerima kedatangan orang-orang yang bermental “pembangun,” bukan “perusak.” Itu sebabnya, gereja itu akan tumbuh dengan sehat, kuat, kokoh, dan membawa dampak yang kuat kepada komunitasnya. Mereka akan menjadi “perhiasan” yang indah dan mahal bagi gereja-Nya.
Hal ini juga merupakan gambaran yang akan terjadi dengan para pemimpin jemaat. Di tahun 2008 ini para pemimpin yang bersifat dan bermental“perusak” akan ditinggalkan umat-Nya dan tidak sedikit dari pemimpin ini yang akan meninggalkan pelayanan. Sedangkan para pemimpin yang bermental “pembangun” akan dicari oleh umat-Nya, dan mereka akan semakin ditinggikan oleh Tuhan.
Gereja yang selamam ini dibangun secara tidak benar (asal-asalan) akan mulai mengalami goncangan dan kemerosotan. Gereja-gereja seperti ini akan mulai ditinggalkan oleh orang-orang percaya yang sungguh-sungguh ingin mencari Tuhan dan dibangun dengan benar.

5. Tuhan akan membuat kekayaan dan kelimpahan bangsa-bangsa datang kepada gereja-Nya yang dibangun bukan atas dasar keserakahan dan tidak berpusat kepada uang.

Tuhan akan memberkati gereja yang terdiri dari generasi yang bermurah hati dan tidak serakah. Untuk itu Dia akan menyebabkan kekayaan dan kelimpahan bangsa-bangsa datang kepada mereka. Tuhan akan menggerakkan hati dari orang-orang “asing” (orang-orang yang tidak dikenal) untuk menolong membangun tubuh-Nya sebagaimana yang dialami oleh umat Israel ketika mereka membangun kembali bait suci dan tembok Yerusalem yang sudah roboh di masa pembuangan Babel.
“Pada waktu itu (tahun 2008) engkau akan heran melihat dan berseri-seri, …sebab kelimpahan dari seberang laut beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu…Mereka akan datang dari Syeba, akan membawa emas… segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu;… Orang-orang asing akan membangun tembokmu” (Yes. 60: 5-10).
Inilah tahun di mana gereja yang sepenuhnya mengandalkan Tuhan dan menjadi terang bagi bangsa-bangsa, akan dilimpahi dengan berkat bangsa-bangsa! Tuhan tidak akan membiarkan sedetik pun pintu-pintu kita tertutup bagi kekayaan bangsa-bangsa. Dia akan memastikan kekayaan bangsa-bangsa mengalir ke rumah Tuhan secara konsisten dan tidak terhenti (Yes. 60: 11).

6. Tuhan akan memunculkan hak gereja-gereja yang mencari-Nya dengan sungguh-sungguh seperti siang dan akan mengubah situasi mereka menjadi EXCELLENT.

“Sebagai ganti keadaamu dahulu, … sekarang Aku akan membuat engkau menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun temurun, …Sebagai ganti tembaga Aku akan membawa emas, dan sebagai ganti besi Aku akan membawa perak, sebagai ganti kayu, tembaga, dan sebagai ganti batu, besi; …Tidak ada lagi kabar tentang perbuatan kekerasan di negerimu, …” (Yes. 60:15-18).

“Yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang kuat; Aku, Tuhan, akan melaksanakannya dengan segera pada waktunya” (Yes. 60:22).

Di tahun 2008 ini, gereja-Nya akan mengalami penataan ulang dan penyelarasan dalam banyak bidang kehidupan agar menjadi “excellent” (prima). Penataan ulang dan penyelarasan akan mencakup hal-hal berikut ini:
· Pola pikir dan mental
· Gaya hidup, kebiasaan, dan cara kerja
· Sikap dan reaksi (cara bebrbicara, bahasa tubuh, atau respons)
· Proses pengambilan keputusan
· Mengikuti firman dan segala hukum-Nya

7. Gereja yang hidup, melayani, dan dipimpin oleh Roh Kudus, serta tetap menjaga stamina roh, akan mengalami banyak pengalaman supranatural dan mukjizat yang dikerjakan oleh Tuhan.

“Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi Tuhan akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu. Bagimu akan ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak pernah surut, sebab Tuhan akan menjadi penerang abadi bagimu dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir. Pendudukmu semuanya orang-orang benar, … untuk memperlihatkan keagungan-Ku” (Yes. 60:19-21).

Tuhan akan menjadi PUSAT dan IDENTIFIKASI kehidupan dan pelayanan. Dia akan menyatakan DIRI-NYA di dalam gereja-Nya, bukan manusia atau program. Mukjizat dan supranatural akan menggantikan perkara-perkara natural. Hal-hal natural tidak lagi akan menjadi tumpuan dan harapan gereja-Nya. Hal-hal supranatural dan tanda-tanda ajaib akan menjadi nyata kelihatan dan dialami oleh umat-Nya.

Mari kita masuki tahun 2008 dengan penuh keberanian dan keyakinan penuh akan pemeliharaan, pertolongan, dan intervensi Tuhan dalam kehidupan rumah tangga, bisnis, karier, profesi, dan pelayanan kita. Inilah tahun “Berkembang dan Berhasil” (“Expanding and Fruitful” Year) dimana kita harus “Hidup Akurat dengan Roh yang Prima” (“Accurate Living with Excellent Spirit”).



Pdt. Leonardo A. Sjiamsuri, SE, MBA
(Pendiri dan Pemimpin SMART Center)

0 komentar: